Begini Penampakan Bandara Sentani Setelah Dipoles Angkasa Pura I

Begini Penampakan Bandara Sentani Setelah Dipoles Angkasa Pura I
PT Angkasa Pura I (Persero) memoles Bandara Sentani menjelang pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memoles dan melakukan pembenahan guna mempercantik Bandara Sentani menjelang pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI.

PON XX akan dilaksanakan mulai 2-15 Oktober sedangkan Peparnas XVI dari 2-15 November mendatang.

Humas Bandara Sentani Surya Eka mengatakan pembenahan dilakukan guna mempercantik bandara sekaligus melengkapi berbagai sarana dan prasarana pendukung termasuk perpanjang landasan.

"Pekerjaan mempercantik atau beautifikasi bandara ditargetkan selesai akhir bulan September 2021," kata dia seperti dikutip dari Antara, Selasa (14/9).

Adapun beautifikasi terminal dilakukan dengan merenovasi interior seperti di area keberangkatan, check in, kedatangan, toilet dengan mengadopsi kearifan lokal dan motif ukir khas Sentani.

Selain itu, terminal penumpang dan dilakukan pelapisan landas pacu (overlay runway).

"Pelapisan itu dilakukan untuk meningkatkan kekuatan landas pacu sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat mulus," kata Surya.

Surya Eka juga menjelaskan Bandara Sentani saat ini memiliki landas pacu berdimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), delapan parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller).

"Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER," kata Surya.

Dia menambahkan gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (dua lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang.

"Bandara Sentani, selama PON XX dan Peparnas XVI akan melayani kontingen dari 34 provinsi di Indonesia yang akan bertanding di Kabupaten dan Kota Jayapura," tambah Surya. (antara/jpnn)

PT Angkasa Pura I (Persero) memoles dan melakukan pembenahan guna mempercantik Bandara Sentani menjelang pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI.