Begini Penyelundupan Mayat dari Malaysia ke Indonesia

Begini Penyelundupan Mayat dari Malaysia ke Indonesia
Ilustrasi. Foto: Shutetrstock

jpnn.com - KUCHING – Banyak aduan pada Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Kuching, Sarawak terkait penyelundupan mayat dari Malaysia ke Indonesi. Mayat WNI itu diselundupkan tak sesuai prosedur.

Konsul Jenderal RI di Kuching Jahar Gultom mengatakan, kasus yang pernah tercatat pihaknya adalah penyelundupan mayat oleh agen ilegal yang melintasi perbatasan menggunakan mobil.

Modusnya, jenazah dipakaikan kaca mata dan topi kemudian disandarkan di tengah-tengah penumpang lain dalam mobil tersebut. “Seolah-olah masih hidup dan lagi tidur,” beber Jahar akhir pekan kemarin.

Cara lainnya, jenazah diapit pengendara sepeda motor dan pemboncengnya. Menurut Jahar, ‘potong kompas’ pemulangan jenazah tersebut terjadi karena memakan biaya lebih murah.

BACA: Hiii... Banyak Mayat Diseludupkan Dari Malaysia ke Indonesia

“Hal ini sangat meresahkan, karena prosedur pengiriman jenazah tidak dipatuhi secara layak dan proper (tepat). Yang kami khawatirkan adalah korban atau jenazah yang dipulangkan itu mengidap penyakit menular. Sangat berbahaya,” ujarnya. (osc/jos/jpnn)


KUCHING – Banyak aduan pada Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Kuching, Sarawak terkait penyelundupan mayat dari Malaysia ke Indonesi. Mayat WNI


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News