Begini Peran Penting Komcad TNI dalam Sistem Pertahanan Semesta

Begini Peran Penting Komcad TNI dalam Sistem Pertahanan Semesta
Presiden Joko Widodo meresmikan pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) 2021 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Batujajar, Bandung Barat, Kamis (7/10). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat militer Universitas Pertamina Ian Montratama menyatakan keberadaan komponen cadangan (komcad) TNI guna memperkuat Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Kebijakan anyar di bawah Kementerian Pertahanan ini juga bentuk realisasi amanat UUD 1945.

"Di dalam UUD 1945 Pasal 30 ayat (2), kan, memang di situ dijelaskan tentang keterlibatan rakyat sipil berhak dan wajib untuk ikut membela negara. Jadi, saya pikir, itu sebenarnya in line dengan UUD 1945. Jadi, justru yang dilakukan Pak Prabowo konstitusional," katanya saat dihubungi pada Rabu (6/10).

"Justru jika beliau tidak menjalankan amanah itu berarti, kan, ada amanat konstitusi yang tidak dilaksanakan," imbuhnya.

Pernyataan senada disampaikan peneliti Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi) Beni Sukadis.

Dia mengatakan peran komcad TNI sebagai pasukan penguat dalam pertahanan negara sangat penting.

"Karena komcad yang memiliki keahlian di bidang profesi masing-masing justru menjadi nilai tambah bagi total pasukan TNI. Kenapa? Karena komcad yang ahli di bidang kesehatan dan kedokteran sangat dibutuhkan ini ketika Indonesia dengan global menghadapi pandemi Covid-19," tuturnya.

"Mereka bisa menjadi tenaga bantuan yang sangat penting ketika wabah penyakit melanda Tanah Air dan terjadi keadaan darurat nasional lainya, seperti gempa bumi, banjir, dan lain-lain," imbuhnya.

Para pakar berpandangan bahwa Komcad TNI memiliki peran penting dalam Sistem Pertahanan Semesta, ini alasannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News