Begini Permintaan Megawati Kepada Guruh Soekarno Saat Puncak Bulan Bung Karno, Spesial

Begini Permintaan Megawati Kepada Guruh Soekarno Saat Puncak Bulan Bung Karno, Spesial
Seniman Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra alias Guruh Soekarno di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (22/6) kemarin. Aristo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Seniman Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra alias Guruh Soekarno menyebut bakal ada tiga ribu penari Kecak wanita yang menyemarakkan puncak Bulan Bung KarnoBun (BBK) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (24/6) nanti.

Dia mengatakan itu setelah meninjau kesiapan pengisi acara puncak BBK di Stadion GBK, Jakarta, pada Kamis (22/6) sore.

"Saya mungkin mengingatkan dahulu, ya. Saya di sini menyiapkan suatu cabang kesenian dari Bali, Tari Kecak," kata Putra Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu, Kamis kemarin.

Guruh mengatakan para penari Kecak dari wanita terbilang spesial, karena kesenian itu biasa dipertontonkan para pria.

"Pasti semuanya sudah tahu. Tari kecak itu di Bali, kan, biasanya ditarikan oleh pria, tetapi kali ini ditarikan semuanya oleh tiga ribu wanita," katanya.

Dia mengatakan sosok Bung Karno yang sebenarnya pertama kali berinisiatif mendorong wanita bisa menampilkan Kecak ke publik.

"Awalnya, itu Bung Karno. Kira-kiranya di tahun mulai 1958 dan pada 1959 terus sampai dengan Asian Games ke empat waktu itu pada 1962 itu dipentaskan di tarian Kecak oleh berapa ribu wanita waktu itu," kata pendiri grup seni Gencar Semarak Perkasa (GSP) itu.

Dia mengaku hanya melanjutkan hal yang dirintis Bung Karno dan atas persetujuan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tarian Kecak akan dipersembahkan 3 ribu wanita saat puncak BBK.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta seniman Guruh Soekarno mempersembahkan hal ini saat puncak Bulan Bung Karno pada Sabtu (26/4) besok. Apa itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News