Begini Pesan KPAI untuk Pemudik yang Menggunakan Motor

Begini Pesan KPAI untuk Pemudik yang Menggunakan Motor
Imbauan KPAI bagi pemudik yang memakai motor. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah mengantisipasi dampak buruk dari banyaknya pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

Kepala Divisi Pengawasan dan Monitoring Evaluasi (Kadivwasmonev) KPAI Jasra Putra mengatakan akan banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor karena dianggap lebih hemat dan ekonomis.

Oleh karena itu, dia menilai faktor keselamatan perlu dipersiapkan mengingat mudik dengan motor berjam-jam sangat melelahkan di perjalanan.

"Motor bukan kendaraan yang di peruntukkan perjalanan jauh," kata Jasra, Sabtu (23/4).

Dia menilai sebaiknya para pemudik tidak memaksakan diri untuk pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor.

Bila menggunakan motor, Jasra mengimbau pemudik untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan menghentikan sepeda motornya setiap 2 jam, terutama jika perjalanan disertai hujan, angin kencang, panas, dan gelap.

"Kita berdoa perjalanan cerah, mendapat istirahat yang cukup dan membawa keselamatan sampai kampung halaman," tambah dia.

Kebutuhan anak-anak yang ikut mudik juga perlu diperhatikan seperti konsumsi air mineral yang cukup, obat-obatan, jaket, jas hujan, makanan yang sehat, hingga mainan yang dibawa anak-anak.

KPAI memberikan imbauan bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor, khususnya yang juga membawa anak-anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News