Begini Respons Hasto PDIP Ditanya Pertemuan Elite PSI dengan Prabowo

Begini Respons Hasto PDIP Ditanya Pertemuan Elite PSI dengan Prabowo
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto/dok: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebutkan partainya enggan mencampuri urusan partai lain.

Hal itu disampaikan saat menanggapi adanya silaturahmi yang dilakukan Partai Gerindra dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) beberapa waktu lalu. 

Hasto menegaskan pihaknya enggan mencampuri kedaulatan partai politik lain termasuk PSI yang sebelumnya menyatakan dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024, tetapi condong akan mendukung Prabowo Subianto

Dia menyatakan jika adanya silaturahmi antarsesama partai politik memang menjadi sebuah tradisi yang harus terus dilakukan. 

"Ya, kami tidak mencampuri kedaulatan partai lain dalam mengambil keputusan politik. Dengan berbagai pertemuan-pertemuan antar partai politik itu menunjukkan bahwa tradisi silaturahim itu seumur hidup," kata Hasto di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (5/8). 

Kendati begitu, saat ditanya soal PSI menyebut PDIP tidak pernah merespons dan cenderung tertutup, Hasto menegaskan partainya selalu membuka pintu untuk silaturahmi dan komunikasi dengan parpol lain. 

Dia menyebut hal itu juga sudah ditegaskan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. 

Puan sendiri juga sudah sering melakukan silaturahmi dengan partai lain, terakhir dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons begini saat ditanya soal pertemuan antara elite PSI dengan Capres 2024 dari Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News