Begini Seruan Jokowi di Sidang Majelis Umum PBB

Begini Seruan Jokowi di Sidang Majelis Umum PBB
Presiden Joko Widodo menyampaikan pandangannya mengenai beberapa isu internasional di Sidang Majelis Umum ke-76 (PBB). Foto Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan pandangannya soal penanganan pandemi Covid-19 pada Sidang Majelis Umum ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selain bicara tentang pandemi, Jokowi juga mengutarakan pendapatnya mengenai pemulihan perekonomian global, ketahanan iklim, hingga perdamaian dalam keberagaman.

"Kita harus memberikan harapan bahwa pandemi Covid-19 akan bisa tertangani dengan cepat, adil, dan merata,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/9) pagi WIB.

Dia mengatakan adanya ketimpangan dalam kemampuan dan kecepatan dalam menangani pandemi di tiap negara.

“Politisasi dan diskriminasi terhadap vaksin masih terjadi. Hal-hal ini harus bisa kita selesaikan dengan langkah-langkah nyata,” ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menimbau seluruh negara untuk menata ulang arsitektur sistem ketahanan kesehatan global.

“Diperlukan standarisasi protokol kesehatan global dalam hal aktivitas lintas batas negara, misalnya perihal kriteria vaksinasi, hasil tes, maupun status kesehatan lainnya,” ujar Jokowi.

Jokowi menilai terkendalinya pandemi mempu memulihkan perekonomian global, sehingga tiap negara bisa bekerja sama dan saling membantu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pandangannya mengenai beberapa isu internasional di Sidang Majelis Umum ke-76 (PBB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News