Begini Strategi Airlangga Menghadapi Inflasi Global 2023

Begini Strategi Airlangga Menghadapi Inflasi Global 2023
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: ilustrasi/dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Inflasi dinilai masih menghantui iklim ekonomi global pada 2023.

Pemerintah Indonesia pun terus bersiap menghadapi hantaman inflasi dengan memanfaatkan kepercayaan dunia untuk mendorong investasi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan salah satu strategi pemerintah mendorong investasi sudah direalisasikan lewat keikutsertaan dalam kesepakatan deklarasi G20, Bali yang digelar beberapa waktu lalu.

Adapun isi dklarasi tersebut merupakan kesepakatan sejumlah komitmen strategis dan concrete deliverables. Concrete deliverables adalah kumpulan proyek, program, atau inisiatif dari negara-negara G20 yang berkaitan dengan pilar-pilar Presidensi Indonesia.

Di dalam concreter deliverables ada 226 proyek, program, atau inisiatif itu bersifat multilateral dan 140 proyek bilateral dengan nilai total USD 71,5 miliar.

Selain itu, G20 Bali juga menyepakati sejumlah komitmen investasi dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Korea Selatan, Turkiye.

"Berbagai komitmen investasi tersebut perlu segera ditindaklanjuti dan dimonitor," ungkap Airlangga dalam keterangan tertulis, Kamis (29/12).

Menurut Airlangga, selaku Troika G20 2023 bersama dengan India, Indonesia perlu memastikan implementasi dari berbagai komitmen tersebut.

Pemerintah Indonesia pun terus bersiap menghadapi hantaman inflasi dengan memanfaatkan kepercayaan dunia untuk mendorong investasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News