Begini Strategi Ganjar Pranowo Menangani PMK di Jateng

Begini Strategi Ganjar Pranowo Menangani PMK di Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek ternak sapi di Sukoharjo. Tim media Ganjar.

jpnn.com, SUKOHARJO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki strategi khusus dalam upaya menangani wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.

Adapun strategi yang dimaksud, yakni Jogo Ternak dan Bolo Ternak atau teman ternak

Hal itu dia sampaikan saat mengecek penanganan ternak yang terjangkit PMK di Desa Genengsari, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

Ganjar menyebut Jogo Ternak adalah gerakan gotong royong masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat ternaknya dari PMK.

Sedangkan Bolo Ternak yang berarti teman ternak, merupakan gerakan yang diisi oleh sekelompok orang yang bertugas untuk mencegah dan menangani ternak yang terjangkit PMK, termasuk menyuntikkan vaksin.

"Jogo Ternak sekarang kami lakukan mengadopsi Jogo Tonggo saat Covid-19. Lalu ada Bolo Ternak, itu ada kelompok peternak, ada penyuluh, ada bhabinkamtibmas dilibatkan, kami dorong untuk didata sapinya," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Kamis (30/6).

Gerakan Jogo Ternak dan Bolo Ternak melibatkan beberapa pihak, seperti kelompok peternak, penyuluh dari kedokteran, hingga babinsa dan bhabinkamtibmas. Hal ini bertujuan agar penanganan PMK bisa lebih cepat.

Sebab, penularan PMK ini menyebar melalui udara. Sehingga, virus ini menjadi sangat berbahaya dan penyuntikan vaksin untuk ternak harus lebih dipercepat.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menginisiasi gerakan Jogo Ternak dan Bolo Ternak untuk menangani penyakit mulut dan kuku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News