Begini Strategi Pemkot Cimahi Mengatasi Banjir di Cimindi

Begini Strategi Pemkot Cimahi Mengatasi Banjir di Cimindi
Pelaksana tugas Wali Kota Cimahi Letkol Inf. (Purn) Ngatiyana didampingi Wali Kota Bandung Oded M Danial pada kegiatan kolam retensi hasil kolaborasi Pemkot Cimahi dan Pemkot Bandung di Kampung Singkur Mulya, Kelurahan Pasirkaliki, Cimindi, Kota Cimahi, Rabu (17/11). (Humas Pemkot Bandung)

jpnn.com, CIMAHI - Sebuah kolam retensi untuk meminimalisir banjir dibangun di Kampung Singkur Mulya, Kelurahan Pasirkaliki, Cimindi, Kota Cimahi.

Pembangunan kolam retensi untuk mengatasi banjir itu merupakan kerja sama antara Pemkot Cimahi dengan Pemkot Bandung.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Letkol Inf. (Purn) Ngatiyana mengatakan kolam retensi itu akan dibangun di atas lahan seluas satu hektare (Ha).

Kolam itu diharapkan bisa mengurangi genangan air di kawasan Cimindi dan perumahan di daerah tersebut ketika musim penghujan.

"Kami coba mengatasi genangan banjir yang ada di daerah irisan Bandung dan Cimahi. Ini akan mengurangi debit air dari Sungai Cilember," kata Ngatiyana di lokasi pembangunan kolam retensi, Rabu (17/11).

Saat ini pembangunan kolam retensi itu masih tahap awal berupa pembukaan lahan.

Karena anggaran yang dimiliki Pemkot Cimahi terbatas, pembangunan kolam itu secara permanen akan diserahkan kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Rencananya, pembangunan kolam retensi baru dilakukan pada 2023.

Pemkot Simahi dan Pemkot Bandung bekerja sama mengatasi banjir di Cimindi dengan membangun kolam retensi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News