Begini Strategi Polri Mengurai Kepadatan Pemudik di Pelabuhan Merak 

Begini Strategi Polri Mengurai Kepadatan Pemudik di Pelabuhan Merak 
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. ANTARA/HO-Polri

jpnn.com, BANTEN - Polri mengaku sudah menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi serta mengurai kepadatan penumpang saat pelaksanaan mudik Lebaran di Pelabuhan Merak.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan upaya tersebut dibagi menjadi tiga cara bertindak sesuai dengan status kondisi yang berkembang di Pelabuhan Merak.

“Kami menyiapkan dan melakukan pengamanan jika terjadi antrean atau penumpukan kendaraan serta penumpang di Pelabuhan Merak dalam tiga situasi itu,” kata Dedi dalam siaran persnya, Rabu (27/4).

Jenderal bintang dua ini memaparkan situasi hijau merupakan kondisi Pelabuhan Merak terlihat normal baik jumlah kapal maupun dermaga.

Menurut Dedi, dalam situasi itu polisi akan melakukan tindakan pengamanan dengan menyiapkan personel di pos untuk memantau serta mengatur arus penumpang.

Lalu, pengaturan kendaraan di simpang gedung bundar untuk lalu lintas di luar pelabuhan. Kemudian, melaksanakan pengecekan vaksinasi dan surat rapid antigen 1x24 jam, melaksanakan patroli di seluruh dermaga. 

Selanjutnya situasi kuning adalah, kondisi Pelabuhan Merak mulai ramai dan jumlah kapal serta dermaga yang digunakan normal. Antrean kendaraan sudah terisi baik di dalam kawasan Pelabuhan Merak dan mencapai Cikuasa Atas. 

"Tindakan pengaman di situasi itu adalah penambahan jumlah personel dan pengisian pos. Melaksanakan pengecekan vaksinasi dan surat rapid antigen 1x24 jam,” kata Dedi.

Polri mengaku sudah menyiapkan strategi untuk bisa mengurai kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak, Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News