Beginilah Cara BKN Tingkatkan Kualitas Kinerja ASN

Beginilah Cara BKN Tingkatkan Kualitas Kinerja ASN
PNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Badan Kepegawaian negara (BKN) terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Setelah meluncurkan Program Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS), kini BKN mengusung Program Penghitungan Indeks Profesionalitas ASN.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, melalui program ini, BKN menargetkan tiga hal. Pertama, tersedianya indikator kualitas PNS yang lebih terukur, memiliki kredibilitas dan reabilitas ketersediaan data.

Kedua, untuk mengetahui proxy tingkat pencapaian profesionalitas di sebuah organisasi untuk memberi ukuran yang lebih jelas dalam upaya perbaikan ASN.

Ketiga, sebagai bahan masukan untuk perbaikan dan perencanaan pengembangan profesionalitas ASN dalam sebuah organisasi di masa yang akan datang.

"Komponen penghitungan Indeks Profesionalitas meliputi hasil penilaian obyektif potensi pegawai berdasarkan pendidikan, pengalaman, pelatihan teknis dan pelatihan kepemimpinan," ujar Ridwan, Jumat (13/1).

Komponen lainnya, sasaran kinerja pegawai, selisih gaji dan tunjangan termasuk tunjangan kinerja secara internal pada kompleksitas pekerjaan serta risiko yang setara. Kemudian tingkat pelanggaran individu dalam lembaga.

"Melalui program ini, BKN menargetkan SDM birokrasi mampu berkontribusi mendukung peningkatan Indeks Profesionalitas Indonesia dalam tataran global," pungkas Ridwan. (esy/jpnn)


 Badan Kepegawaian negara (BKN) terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News