Beginilah Cara Taruna Merah Putih Sambut Bulan Bung Karno

Beginilah Cara Taruna Merah Putih Sambut Bulan Bung Karno
Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait (berkaus putih) dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kaus merah) dalam acara Festival Seni dan Budaya Semarang di kawasan Simpang Lima, Minggu (29/5). Foto:Radar Semarang/JPG

jpnn.com - SEMARANG - Bulan Juni dalam beberapa tahun ini punya julukan lain. Yakni dianggap sebagai Bulan Bung Karno. Kebetulan, Juni tahun ini juga berbarengan dengan Ramadan 1437 Hijriah.

Organisasi kepemudaan, Taruna Merah Putih (TMP) pun punya acara untuk menyambut Bulang Bung Karno dan Ramadan. Di Semarang, Jawa Tengah, organisasi pimpinan Maruarar Sirait itu menggelar festival seni dan budaya, Minggu (29/5).

Bertempat di Taman KB di kawasan Simpang Lima, ada berbagai kegiatan dalam acara bertajuk Festival Seni dan Budaya Semarang hasil kerja sama DPP TMP, DPD TMP Jateng dan DPC TMP Semarang itu. Antara lain lomba thek-thek sahur, kuliner khas Semarang, menghias warak ngendok, barongsai, hingga kuda lumping atau jatilan.

Ketua DPD TMP Jateng, Hendrar Prihadi mengatakan, kegiatan itu bukan semata-mata memamerkan seni dan budaya bangsa. Menurutnya, TMP mengajak pemuda juga punya kepedulian dalam menjaga warisan budaya nusantara. “Jangan sampai ada lagi warisan budaya yang dicuri dan diklaim pihak asing,” katanya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mengampanyekan rasa aman dan tenang saat Ramadan. "Ini juga untuk mengingatkan anak muda agar saling menjaga keamanan serta kenyamanan saat bulan Ramadan," ujar Hendrar yang juga wali kota Semarang itu.

Kegiatan Festival Seni dan Budaya Semarang itu berlangsung meriah. Ada ribuan orang yang hadir.

Acara disemarakkan oleh kahadiran Edo Kondologit dan Nico Siahaan yang juga kader TMP. Selain itu ada pula aksi Senopati Band-The Lady Percussion, Gambang Semarang, SMA 1 Band, SMP 5 Band, Paduan Suara SMA 3 dan Modern Dance SMA 5.

Sedangkan Ketua Umum TMP Maruarara Sirait memuji kegiatan itu. "Dalam waktu dekat kita buat festival yang lebih besar," kata anggota DPR dari PDI Perjuangan itu.(jpg/ara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News