Beginilah Kondisi Terkini Pak BJ Habibie

Beginilah Kondisi Terkini Pak BJ Habibie
BJ Habibie. Foto: Dedi Yondra/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi kesehatan Presiden Ketiga RI BJ Habibie terus membaik. Biro Pers dan Media Istana pada Minggu (11/3) menyebutkan, Presiden Joko Widodo menerima laporan terakhir dari tim dokter kepresidenan terkait kondisi kesehatan Pak Habibie pada Sabtu (10/3).

Seperti diketahui, Pak Habibie saat ini masih menjalani perawatan di Munich, Jerman. Habibie dilaporkan mengalami sesak napas saat kunjungan pribadinya ke Jerman pada 27 Februari lalu. Kemudian dia dibawa ke salah satu rumah sakit di Munich untuk dilakukan pertolongan.

Sejak 4 Maret 2018, perawatan Habibie didampingi langsung oleh dokter kepresidenan, setelah Jokowi mengutus Lukman Hakim Makmun, salah satu dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari tim dokter kepresidenan berangkat ke Jerman.

Beginilah Kondisi Terkini Pak BJ Habibie

Pak Jokowi dan Pak Habibie. Foto: setkab

Setelah dilakukan beberapa tindakan di klinik Starnberg, Munich, Jerman, tim dokter mendiagnosis terdapat kelainan pada katup jantung dengan derajat ringan. Melalui komunikasi dan koordinasi erat dengan tim dokter di Munich, dapat disimpulkan kelainan katup jantung tersebut belum memerlukan tindakan yang invasif.

“Perawatan dengan obat-obatan diberikan secara intensif dan berkelanjutan dengan memantau keluhan sesak yang berangsung-angsur hilang,” kata Ketua Dokter Kepresidenan RI, Azis Rani dalam laporannya.

Tim dokter juga melaporkan keadaan umum dan pernapasan saat ini sudah lebih membaik, tidak ada kegawatan, gangguan gizi, dan gangguan lainnya. B.J. Habibie direncanakan masih melanjutkan perawatan dalam beberapa hari ke depan. (fat/jpnn)

Sejak 4 Maret 2018, perawatan Habibie di Munich didampingi langsung dokter kepresidenan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News