Beginilah Pernyataan Jubir Kemenpora terkait Permintaan FIFA

Beginilah Pernyataan Jubir Kemenpora terkait Permintaan FIFA
Gatot.S Dewa Broto. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) member sinyal menolak permintaan FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) agar pemerintah Indonesia bergabung dengan PSSI dalam Komite Ad-hoc reformasi PSSI.

Gatot.S Dewa Broto, juru bicara Kemenpora, mengatakan, permintaan otoritas tertinggi sepak bola dunia itu sangat jauh dari pembicaraan antara mereka dengan perwakilan FIFA yang datang ke Indonesia awal November lalu.

Ketika itu, lanjut Gatot, dalam pertemuan yang berlangsung bersama Presiden Indonesia Joko Widodo di istana negara, FIFA mempercayakan pemerintah membentuk tim kecil.

Tim tersebut bertujuan menjadi kanal komunikasi antara pemerintah Indonesia dengan FIFA untuk mempercepat reformasi sepak bola Indonesia. Namun, belakangan, FIFA mengambil keputusan lain dan menyatakan harus ada perwakilan PSSI dalam tim tersebut. Apalagi, dari informasih yang mereka terima, tim kecil bentukan pemerintah itu hanya diberikan akses terbatas.

“Itu yang sangat kami sesali, mengapa harus bisa begitu. Sebab, kesepakatan di depan presiden tidak seperti itu,” keluh Gatot.

“Tapi, permintaan FIFA itu sudah kami teruskan ke Pak Menteri (Menpora Imam Nahrawi, Red) untuk segera mendapatkan arahan selanjutnya,” kata pria asli Jogjakarta ini.

Namun, sebelum mendapat arahan dari sang menteri, Gatot menyatakan bahwa peluang pemerintah untuk bergabung dengan PSSI dalam satu tim itu, sangat kecil. Selain karena kepengurusan PSSI saat ini tidak diakui oleh pemerintah, ide untuk berada bersama PSSI itu tidak pernah ada dalam pembicaraan saat perwakilan FIFA bertemu presiden.

“Intinya, tidak ada kewajiban untuk pemerintah Indonesia bergabung dengan PSSI. Karena tidak ada klausul apapun untuk mengharuskan kami berada di posisi itu,” ujar lelaki yang juga Deputi V Bidang Kemitraan dan Keharmonisan Kemenpora itu.

JAKARTA - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) member sinyal menolak permintaan FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) agar pemerintah Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News