Beginilah Tampang Penduduk Inggris 10 Ribu Tahun Lalu

Beginilah Tampang Penduduk Inggris 10 Ribu Tahun Lalu
Manusia pertama yang mendiami dataran Inggris sekitar 10 ribu tahun lalu. Foto: AFP

jpnn.com, LONDON - Sekelompok ilmuwan di London mengungkap temuan mengejutkan soal manusia pertama yang mendiami daratan Inggris. Berbeda dengan mayoritas populasi Inggris sekarang, manusia pertama ini berkulit gelap dan mata biru.

Seperti dilansir AFP, Kamis (8/2), orang ini dikenal sebagai Manusia Cheddar. Kerangkanya ditemukan pertama kali di sebuah gua pada tahun 1903. Manusia purba tersebut hidup kembali melalui analisis DNA.

Dalam sebuah proyek gabungan antara Museum Sejarah Alam Inggris dan University College London, para ilmuwan mengebor lubang 2 mm ke dalam tengkorak dan mengambil bubuk tulang untuk dianalisis.

Temuan ini mengubah presepsi awal mereka yang menduga bahwa Manusia Cheddar ini memiliki mata coklat dan kulit yang terang.

"Sangat mengejutkan bahwa manusia 10 ribu tahun lalu bisa memiliki kombinasi mata biru dengan kulit benar-benar gelap," kata seorang ilmuwan, Chris Stringer.

Stringer sendiri dalam dekade terakhir telah menganalisis tulang orang yang ditemukan di dalam gua. Suku Cheddar bermigrasi ke Inggris pada akhir Zaman Es terakhir.

DNA-nya telah dikaitkan dengan individu yang ditemukan di zaman modern di Spanyol, Hungaria, dan Luksemburg.

Peneliti DNA manusia purba, Selina Brace mengatakan, lingkungan gua yang sejuk dan konstan membuat jenazah Manusia Cheddar tetap bagus.

Sekelompok ilmuwan di London mengungkap temuan mengejutkan soal manusia pertama yang mendiami daratan Inggris

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News