Begitu Tiba di Tanah Air, Para Jemaah Haji Langsung Dicek Suhu Tubuhnya

Begitu Tiba di Tanah Air, Para Jemaah Haji Langsung Dicek Suhu Tubuhnya
Jemaah haji. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, TANGERANG - Para jemaah haji asal Indonesia sudah mulai kembali ke Tanah Air. Di mana kelompok Terbang (Kloter) haji pertama Embarkasi Jakarta tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang Indonesia pukul 22.10 WIB pada Sabtu (17/8) malam.

Sebelum pulang ke kediaman masing-masing, para jamaah haji masih harus melewati serangkaian pemeriksaan. Mereka harus diperiksa terlebih dulu oleh petugas kesehatan di bandara. Satu persatu di cek suhu tubuhnya melalui sebuah alat serta ditanyakan mengenai kondisi kesehatan oleh petugas kesehatan kepelabuhan Bandara Soekarno Hatta.

"Lewat alat ini akan keliatan suhu masing-masing jemaah haji, 36 derajat masih normal, kalau 38 derajat harus kami pisahkan dan dibawa ke klinik sini untuk dicek lagi suhunya," tutur Imam salah satu petugas KKP yang sedang berjaga di Bandara Soekarno Hatta.

BACA JUGA: Sambut Kedatangan Para Jemaah Haji, Otban Soekarno Hatta Kerahkan Petugas 24 Jam

Para jemaah haji juga diberikan pengarahan oleh petugas kesehatan di Bandara untuk memeriksakan kesehatanya ke puskesmas terdekat setelah dua minggu tiba di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus menular, seperti virus onta.

"Karena hampir sebulan bercampur dengan orang dari berbagai negara jadi satu, penyebaran virus-virus harus diwaspadai. Kami kasih tahu apa saja gejala-gejala yang harus diwaspadai dua minggu setelah pulang dari haji dan bisa langsung ke puskesmas terdekat untuk diperiksa," katanya.

Setelah diperiksa dan diberikan arahan, barulah para jemaah haji diproses kedatangannya oleh petugas imigrasi. Setelah diperiksa para jemaah haji dipersilahkan menuju bis untuk kembali ke asrama haji untuk kemudian dijemput oleh keluarga masing-masing.(chi/jpnn)


Para jemaah haji harus diperiksa terlebih dulu oleh petugas kesehatan di bandara. Satu persatu di cek suhu tubuhnya melalui sebuah alat serta ditanyakan mengenai kondisi kesehatan oleh petugas kesehatan kepelabuhan Bandara Soekarno Hatta.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News