Bekas Tentara AS Jual Patung Saddam Hussein

Bekas Tentara AS Jual Patung Saddam Hussein
Patung Saddam Hussein. FOTO: getty images

jpnn.com - LAS VEGAS - Earl Torres, seorang mantan tentara Amerika Serikat (AS) yang pernah bertugas di Irak akan segera menjadi miliarder. Betapa tidak potongan patung kepala mantan Presiden Irak, Saddam Hussein yang dibawanya dari medan perang itu kini diminati kolektor.

Laman Dailymail, Selasa (1/7) menyebutkan patung seberat 40 kilogram tersebut ditaksir seharga USD 10 juta atau sekitar Rp 12 miliar.

‘’Saya menunggu beberapa waktu sebelum menjual, jadi anak saya telah besar dan bisa melihatnya,’’ujar pria 47 tahun ini.

‘’Saya yakin patung ini satu-satunya di Amerika dan sangat berarti bagi saya,’’ tambahnya.

Patung ini sendiri awalnya merupakan bagin dari patung perunggu Saddam setinggi 15 kaki (sekitar 3.4 meter). Torres mengaku menemukannya dalam kondisi terpenggal di reruntuhan bandara Baghdad tahun 2003 lalu.

Dalam kondisi utuh patung ini menggambarkan Saddam menggunakan seragam militer lengkap dengan baret yang menjadi ciri khasnya. Namun dalam invasi Amerika ke negeri 1001 malam tersebut banyak dari patung-patung sejenis diruntuhkan.

‘’Saya pikir ini sesuatu yang akan menarik perhatian kolektor dan museum. Ini satu dari banyak patung Saddam yang ditemukan di Irak saat itu,’’ imbuhnya. (zul/jpnn)

LAS VEGAS - Earl Torres, seorang mantan tentara Amerika Serikat (AS) yang pernah bertugas di Irak akan segera menjadi miliarder. Betapa tidak potongan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News