Bekraf Gelar Pengembangan Ekonomi Kreatif Digital di Yogya

Bekraf Gelar Pengembangan Ekonomi Kreatif Digital di Yogya
Bekraf Developer Day. Foto: ist

jpnn.com, YOGYAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menunjukan komitmennya dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital dengan menggelar Bekraf Developer Day keenam di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta akhir pekan kemarin.

Sebanyak 1.200 peserta antusias menghadiri talkshow dan sharing session dengan para pakar dan pelaku industri kreatif digital.

Bekraf Developer Day (BDD) diadakan untuk menjembatani para developer dengan platform teknologi mutakhir untuk mengembangkan produk digital khususnya di bidang subsektor aplikasi, game, dan web serta internet of things (IoT).

Hal ini sejalan dengan tumbuh dan berkembangnya banyak startup yang berkualitas di Yogya dan sekitarnya.

“Yogyakarta adalah tempat yang ideal untuk mendirikan startup. Hal ini terlihat dari banyaknya talenta di bidang kreatif digital serta tersedianya ekosistem pendukung yang memadai bagi tumbuhnya startup digital seperti pusat kreatif, coworking space serta inkubator dan akselerator," kata Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa Sungkari.

Menurut Hari, Bekraf terus berupaya mempertemukan para developer startup dengan platform teknologi digital seperti Dicoding, Google, Samsung, IBM, Microsoft, Alcatel, LINE, Lintasarta, Tokopedia dan Go-Jek. "Salah satu hasil BDD ini adalah lahirnya para talenta berbakat dari Local Challenge,” imbuhnya.

Komunitas developer dan pelaku bisnis digital Jogja seperti GameLan, Creacle Studio, Qajoo Studio, Hicca Studio, Kulina dan Niji telah lebih dulu berkontribusi positif bagi masyarakat lokal. Selain itu tersedianya fasilitas seperti Jogja Digital Valley (JDV) dan Digital Innovation Lounge (DILo) Jogja juga membuat munculnya bibit-bibit baru para developer di bidang aplikasi dan game.

"Ekosistem ekonomi digital seperti inilah yang perlu didukung secara konsisten dan berkesinambungan," ujar Hari.

Bekraf terus berupaya mempertemukan para developer startup dengan platform teknologi digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News