Rabu, 12 Desember 2018 – 19:37 WIB

Bela Khashoggi, Negara Eropa Batal Jual Senjata ke Saudi

Sabtu, 24 November 2018 – 15:05 WIB
Bela Khashoggi, Negara Eropa Batal Jual Senjata ke Saudi - JPNN.COM

jpnn.com, BRUSSEL - Sejumlah negara Eropa menjatuhkan sanksi terhadap warga Arab Saudi yang terlibat kasus pembunuhan Jamal Khashoggi. Jerman, Denmark, Finlandia, dan Prancis juga menarget beberapa warga Saudi terkait kasus Khashoggi.

Jerman, Denmark, dan Finlandia bahkan telah menghentikan sementara penjualan senjata ke Saudi. Eropa juga menggunakan kesempatan tersebut untuk menekan Saudi soal Perang Yaman.

Beberapa waktu lalu Prancis melarang 18 warga Saudi masuk wilayahnya. Kemarin Kementerian Luar Negeri Prancis menegaskan bahwa keputusan itu bakal ditinjau ulang. Bisa jadi, aturan tersebut akan diperluas ke individu lain atau masa berlakunya diperpanjang.

Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Federica Mogherini menegaskan bahwa kasus pembunuhan Khashoggi membutuhkan investigasi serius. "Para pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka," tegasnya.

Kamis MBS melawat ke Uni Emirat Arab (UEA). Itu merupakan perjalanan mancanegara pertamanya sejak kasus pembunuhan Khashoggi mencuat. Setelah UEA, dia akan singgah ke beberapa negara Arab.

Selanjutnya, dia berpartisipasi dalam KTT G20 di Buenos Aires, Argentina. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sempat menyatakan tak ingin bertemu MBS di KTT tersebut. (sha/c10/hep)

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar