Belajar Daring, Sekolah Rancamaya Tetap Tingkatkan Kemampuan Siswa Baca Alquran

Belajar Daring, Sekolah Rancamaya Tetap Tingkatkan Kemampuan Siswa Baca Alquran
Pelajaran bahasa Arab dan tajwid secara online di Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School Bogor. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, BOGOR - Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School Bogor tetap mengadakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan sistem online (daring) selama dua pekan ini. Dimulai Senin (16/3) hingga Sabtu (11/4).

Menurut Eko Sugiyanto, Kepala Sekolah Cahaya Rancamaya, jadwal tersebut bisa disesuaikan nantinya dengan keputusan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini sebagai upaya kami dalam mengikuti instruksi pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia," kata Eko menanggapi kebijakan Kemendikbud yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar di rumah, Selasa (31/3).

Lebih lanjut dikatakan, penerapan PJJ merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Selain itu, pihak sekolah mengikuti Surat Edaran Walikota Bogor Nomor: 061/1169 – Umum tentang perpanjangan masa belajar di rumah bagi peserta didik SMP/SMA di Kota Bogor. Selama masa pembelajaran jarak jauh, guru dan staf melanjutkan pekerjaan seperti biasa di rumah masing-masing.

"Kami telah mempersiapkan dengan baik dalam memberikan sistem belajar online. Sebelumnya, sekolah telah memberikan training bagi guru-guru dalam menghadirkan pembelajaran digital," ujarnya.

Tidak hanya guru, para siswa juga sudah dibiasakan untuk mengikuti pembelajaran dan penilaian secara online seperti pelaksanaan try-out UN bagi siswa kelas 9 dan 12 yang berbasis Computer-based Test.

Selain itu, siswa-siswa juga sudah diperkenalkan dengan aplikasi seperti Google Classroom, Zoom, Quiziz, Kahoot, Edpuzzle, Live Streaming YouTube dan lain-lain berikut fitur-fitur pendukungnya yang memudahkan dalam memperoleh materi pembelajaran, mengerjakan soal-soal latihan, serta konsultasi dengan guru pengampu mata pelajaran.

Kepala Sekolah Cahaya Rancamaya mengatakan, penyelenggaraan belajar daring mengikuti keputusan kemendikbud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News