Belanda Beri Hibah Rp 219 M

Maksimalkan Program BOS

Belanda Beri Hibah Rp 219 M
Belanda Beri Hibah Rp 219 M
JAKARTA – Pemerintah Belanda menghibahkan dana USD 20 juta (sekitar Rp 219 miliar) untuk bantuan operasional sekolah (BOS). Dana sebesar itu diberikan untuk memaksimalkan program serta menjamin dana BOS tepat sasaran.

’’Kami yakin dukungan ini menjadi nilai tambah untuk program BOS,’’ kata Wakil Duta Besar Kerajaan Belanda Ad Koekkoek saat berkunjung ke SDN 01 Kelurahan Gunung, Jakarta Selatan, Senin (15/12).

Dia menyatakan, pemerintah Belanda berharap dana tersebut digunakan untuk membentuk dan mengelola manajemen berbasis sekolah. Tujuannya, memutus mata rantai birokrasi pendidikan, sehingga kebijakan sekolah dapat diambil secara demokratis serta efisien. Bantuan tambahan itu akan menguntungkan program BOS karena tepat sasaran menjangkau keluarga yang lebih membutuhkan.

Selain itu, sekaligus mendorong pengawasan aliran dana kepada orang tua murid dan masyarakat secara lebih aktif. Koekkoek mengaku sempat mendapat laporan bahwa dana BOS dipakai untuk membayar guru tambahan pelajaran bahasa Inggris, komputer, dan musik. Di lain sekolah digunakan untuk membeli buku-buku pelajaran atau pemeliharaan gedung sekolah. ’’Yang penting, setiap sekolah bisa memutuskan sendiri penggunaan dana itu dengan benar dan tidak dimanipulasi,’’ tegasnya.

JAKARTA – Pemerintah Belanda menghibahkan dana USD 20 juta (sekitar Rp 219 miliar) untuk bantuan operasional sekolah (BOS). Dana sebesar itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News