Belum Diajukan Jokowi, Sudah Didukung di DPR

Belum Diajukan Jokowi, Sudah Didukung di DPR
Budi Gunawan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mayoritas fraksi di DPR mendukung Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri, jika Presiden Joko Widodo mengajukan nama dia. Apalagi, BG sudah pernah menjalani uji kepatutan dan kelayakan dan semua fraksi dalam sidang paripurna ketika itu mendukungnya.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Jazilul Fawaid mengatakan, jika Presiden Jokowi mengajukan nama BG sebagai pengganti Jenderal Badrodin Haiti, yang memasuki masa pensiun pada Juli 2016 nanti, maka fraksinya akan mendukung langkah tersebut.

"Kalau Presiden Jokowi mengajukan Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri menggantikan Badrodin Haiti, maka FPKB DPR mendukung. Kalau masih ada yang mengaitkan kasus hukum sebelumnya, putusan praperadilan bisa dijadikan dasar pertimbangan. Dengan keputusan itu, seharusnya sudah tidak ada lagi keraguan untuk Komjen BG," kata Jazil, di Jakarta, Rabu (8/6).

Selain itu, lanjut Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (IKAPTIQ) itu, Komjen BG sudah lulus uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR dan saat itu sudah menyetujui agar Komjen BG dilantik menjadi Kapolri menggantikan Jenderal (Pur) Sutarman.

Waktu itu kata Jazil, delapan fraksi yakni Fraksi PDIP, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, NasDem, Hanura, dan PPP sudah menyetui keputusan tersebut. Hanya Fraksi Partai Demokrat dan F-PAN yang meminta DPR menunda persetujuan tersebut, karena tersandung kasus hukum. 

"Tapi, setelah putusan praperadilan itu, saya kira semua fraksi di DPR akan mendukung Komjen BG sebagai Kapolri. Sekarang, kalau Presiden Jokowi mengajukan Komjen BG untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti, maka DPR RI akan mendukung,” pungkasnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Mayoritas fraksi di DPR mendukung Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri, jika Presiden Joko Widodo mengajukan nama dia. Apalagi,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News