JPNN.com

Benarkah Balita Sulit BAB Akibat Makan Pisang? Ini Penjelasannya!

Minggu, 18 Oktober 2020 – 10:19 WIB
Benarkah Balita Sulit BAB Akibat Makan Pisang? Ini Penjelasannya! - JPNN.com

jpnn.com - Beberapa makanan, khususnya buah-buahan, bisa menyebabkan balita susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Kalau sudah begini, orang tua biasanya panik bukan kepalang.

Salah satunya Oki (29), Dia kerap khawatir saat anaknya sembelit setelah makan pisang. Oki menilai pisang membuat anaknya yang masih 2 tahun kadang menangis sambil memegangi perutnya.

"Saya perhatikan kalau sehabis makan pisang, anak saya susah BAB. Suka juga memegangi perutnya, mungkin merasakan kesakitan karena susah BAB, ya. Saya jadi takut kasih pisang ke anak saya, akhirnya saya kurangi,” curhat Oki.

Apa yang dialami oleh Oki, bisa jadi dialami juga oleh orang tua lainnya. Lantas, apa benar makan pisang menyebabkan anak susah BAB?

Benarkah pisang menyebabkan anak sembelit?

Menurut dr. Devia Irine Putri, jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak. Bagaimana buah ini menyebabkan susah BAB tergantung dari jenis pisang yang diberikan ke anak.

"Kalau yang dikonsumsi masih setengah matang atau kulitnya masih hijau, bisa buat konstipasi karena ada kandungan pati yang sulit dicerna. Kalau yang sudah matang (warna kulit pisang kuning atau ada bintik cokelat) justru bisa membantu mengurangi sembelit," ungkap dr. Devia Irine.

Dia juga menambahkan, pisang memang buah yang mengandung serat. Jadi, kalau terlalu banyak dikonsumsi bayi, bisa berisiko mengalami sembelit juga.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy