Minggu, 23 September 2018 – 08:22 WIB

Benarkah Donor Darah Bisa Bikin Gemuk?

Sabtu, 15 September 2018 – 04:44 WIB
Benarkah Donor Darah Bisa Bikin Gemuk? - JPNN.COM

Salah satu alasan mengapa orang enggan donor darah adalah karena kekhawatiran akan bikin badan gemuk. Ini adalah ketakutan yang sudah menjadi keyakinan sejak zaman dahulu kala.

Lantas, bagaimana fakta medis yang sebenarnya?

Tenang, Anda tidak perlu khawatir berlebihan akan anggapan tersebut. Fakta menyebutkan bahwa donor darah membuat gemuk hanyalah mitos belaka. Berdasarkan penjelasan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, donor darah justru dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap di rentang ideal.

Senada dengan itu, berbagai penelitian menyebutkan bahwa donor darah mampu membakar kalori setara dengan olahraga selama satu jam. Fakta lain, setiap Anda mendonorkan darah sebanyak 540 ml, tubuh akan secara otomatis membakar sebanyak 650 kalori.

Tak berhenti sampai di situ, donor darah nyatanya menyimpan banyak manfaat lain. Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, berikut beberapa manfaat yang dimaksud:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung.Menurut American Journal of Epidemiology, dengan mendonorkan darah Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 33% dan menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%.

Peneliti dari American Medical Association mengatakan bahwa risiko penyakit jantung, serangan jantung dan stroke pada usia 43–61 tahun bisa menurun secara signifikan dengan mendonorkan darah setiap enam bulan.

2. Menurunkan risiko kanker

Sumber : Klikdokter
SHARES
TAGS   Donor Darah Gemuk
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar