JPNN.com

Benarkah Golongan Darah, A, B dan O Lebih Mudah Kena Stres?

Benarkah Golongan Darah, A, B, O Lebih Mudah Kena Stres?

Sabtu, 22 Agustus 2020 – 04:13 WIB
Benarkah Golongan Darah, A, B dan O Lebih Mudah Kena Stres? - JPNN.com

jpnn.com - Penyakit yang identik dengan golongan darah umumnya sangat menarik untuk dibahas. Sebagai contoh, menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, golongan darah O lebih rentan menderita kanker pankreas. 

Sementara golongan darah B, berisiko lebih tinggi menderita kanker lambung. Lalu, golongan darah A lebih rentan mengalami penyakit diabetes dan jantung.

Tak cuma penyakit fisik, ternyata penyakit golongan darah A, B, O juga berkaitan dengan kesehatan psikisnya. Ketimbang AB, golongan darah A, B, O, lebih rentan mengalami stres berat dan gangguan mental lainnya. 

Tak percaya karena menganggap bahwa itu tidak saling berkaitan? Kalau begitu, yuk, coba simak penjelasannya di bawah ini.

Hubungan Golongan Darah A, B, O dengan Gangguan Mental

Dugaan bahwa orang dengan golongan darah A rentan stres berat dan kena gangguan mental, tentu bukan tanpa alasan. Menurut dr. Alvin, hormon kortisol pada orang dengan golongan darah A memang jauh lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Hormon kortisol itu sendiri adalah hormon stres. Makin banyak hormon tersebut ada di dalam tubuh, makin tinggi risiko seseorang untuk mengalami stres. 

Lalu, stres itu merupakan awal mula dari sebagian besar gangguan mental. Misalnya, mulai dari gangguan kecemasan, gangguan kepribadian, gangguan psikotik, gangguan makan, hingga gangguan lainnya.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy