Benarkah Obesitas Menurunkan Gairah di Ranjang?

Benarkah Obesitas Menurunkan Gairah di Ranjang?
Kurang Bergairah. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Obesitas tak hanya berdampak buruk kepada kesehatan. Kabarnya obesitas juga bisa menurunkan kepuasan seksual, baik wanita maupun pria.

Benarkah anggapan itu?

“Mungkin saja obesitas menurunkan kepuasan hubungan seks. Misalnya, untuk berhubungan atau eksplorasi berbagai posisi mungkin lebih sulit bagi orang yang obesitas, sehingga bisa berpengaruh dengan kepuasan. Self image juga mungkin terganggu sehingga tidak pede (percaya diri) saat berhubungan,” ujar Dokter Sara Elise Wijono.

Dalam penelitian yang tercatat di WebMD, sebanyak 30 persen orang obesitas akan mencari cara untuk mengontrol berat badan.

Alasannya, mereka menilai kondisi tersebut berpengaruh pada dorongan seksual, keinginan begituan, dan kinerja mencapai kepuasan.

Selain itu, obesitas juga dapat menurunkan kadar testosteron. Dilansir dari Harvard Health Publishing, ada sebuah penelitian pada 2007 yang berhubungan dengan obesitas dan kadar testosteron.

Hasilnya, pria 40 tahun dengan peningkatan BMI satu poin mengalami penurunan testosteron 2 persen. 

Peningkatan ukuran pinggang 4 inci juga dapat meningkatkan kemungkinan pria memiliki kadar testosteron yang rendah hingga 75 persen.

Obesitas dikabarkan juga bisa menurunkan kepuasan seksual di ranjang, baik wanita maupun pria. Simak selengkapnya..

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News