Benarkah Pasangan Golongan Darah O dan AB Sulit Punya Anak? Ini Penjelasannya

Benarkah Pasangan Golongan Darah O dan AB Sulit Punya Anak? Ini Penjelasannya
Ilustrasi golongan darah O.

jpnn.com - Punya anak tentu jadi dambaan bagi beberapa pasangan. Bagi sebagian pasangan bahkan mempunyai banyak rencana dan cara bagaimana bisa mendapat momongan.

Namun semangat menurun ketika dengar dengar kabar bahwa pasangan golongan darah O dan AB sulit punya anak.

Korelasi Golongan Darah dengan Kehamilan

Kelompok golongan darah dari sisi wanita bisa memengaruhi kemungkinan untuk hamil. Mereka yang bergolongan darah O bisa saja kesulitan hamil. Kenapa? Karena jumlah telur yang dihasilkan lebih rendah.

Kondisi kualitas telur golongan darah O juga terbilang lebih buruk dibanding kelompok golongan darah lainnya, sedangkan mereka yang memiliki golongan darah A tampak lebih subur.

Lebih dari 560 wanita dengan usia rata-rata 35 tahun menjalani perawatan kesuburan di suatu lembaga penelitian. Lalu, sampel darah mereka diambil untuk mengukur kadar hormon perangsang folikel (FSH), gunanya sebagai tolak ukur kesuburan.

Kadar FSH yang lebih besar dari angka 10 menunjukkan bahwa seorang wanita akan lebih sulit hamil dibanding wanita memiliki kadar di bawah 10. Kenapa demikian? Sebab, tingkat FSH yang tinggi menunjukkan bahwa cadangan ovarium berkurang.

Sehingga berpengaruh pada kualitas dan jumlah telur yang tersisa untuk pembuahan.

Kelompok golongan darah dari sisi wanita bisa memengaruhi kemungkinan untuk hamil. Mereka yang bergolongan darah O bisa saja kesulitan hamil.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News