Benarkah Produk Olahan Susu Menyebabkan Asam Lambung Naik?

Benarkah Produk Olahan Susu Menyebabkan Asam Lambung Naik?
Ilustrasi susu. Foto: Y. Photo Studio/Shuttterstock

jpnn.com - Susu sebenarnya termasuk minuman sehat yang kandungan nutrisinya diperlukan tubuh, terutama untuk tulang dan gigi. Kendati begitu, susu kerap dijadikan pantangan saat lambung sedang tidak enak.

Katanya, susu beserta seluruh produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, bisa menjadi penyebab asam lambung naik! Benarkah?

Pengaruh susu terhadap lambung

Dilansir dari Medical News Today, salah satu hal yang bikin asam lambung naik adalah kandungan lemak yang tinggi. Lemak yang tinggi tak cuma didapat dari susu, melainkan makanan lain.

Misalnya, daging merah berlemak, makanan yang digoreng, makanan yang menggunakan banyak mentega, dan makanan bersantan. 

Lemak yang tinggi tidak memicu asam lambung naik. Hanya saja, makanan tersebut mampu melemahkan kemampuan otot pemisah antara lambung dan kerongkongan (sfingter). Alhasil, isi perut pun bisa dengan mudah kembali ke atas (tidak tertahan dengan baik) dan memicu gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) berikut ini.

  • Nyeri ulu hati.
  • Napas lebih pendek, sesak, dan perut terasa begah.
  • Susah menelan.
  • Mual dan kembung.
  • Mulut terasa asam atau pahit.

Anda diperkenankan tetap mengonsumsi susu jika memiliki masalah lambung. Namun, perhatikan jenis susu yang dipilih. Sebisa mungkin, konsumsi susu beserta produk susu yang rendah lemak atau tanpa lemak sama sekali.

Dua pilihan itu tersedia di supermarket. Apabila ingin minum susu, tetapi bukan susu sapi, susu nabati juga dapat dijadikan opsi.

Susu kacang almon memiliki komposisi basa yang dapat membantu menetralkan keasaman lambung.

Katanya, susu beserta seluruh produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, dapat menjadi penyebab asam lambung naik! Benarkah?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News