Benarkah Konsumsi Gula dan Susu Memicu Jerawat?

Benarkah Konsumsi Gula dan Susu Memicu Jerawat?
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Untuk mendapatkan kulit yang sehat, tidak sedikit orang yang mengikuti pola makan ketat dengan menghindari gula dan susu.

Ini karena kedua jenis asupan tersebut dicap sebagai makanan penyebab jerawat lantaran bisa meningkatkan produksi minyak di kulit.

Munculnya anggapan tersebut berdasarkan penelitian yang menemukan orang-orang berjerawat cenderung makan gula dan susu setiap hari. Ini adalah penelitian pertama yang menelaah faktor internal dan eksternal terkait makanan pemicu jerawat di wajah.

Hubungan Gula, Susu, dan Jerawat

Para peneliti mengumpulkan 6.700 partisipan dari Amerika Utara, Selatan, dan Eropa. Tim peneliti tidak hanya melihat satu faktor lingkungan atau gaya hidup saja. Namun, secara keseluruhan dengan fokus pada eksposom.

Faktor dari luar. Mulai dari aspek gaya hidup, makanan, maupun lingkungan tempat tinggal.

Semua faktor ini dilihat hubungannya terhadap pengaruh kesehatan responden. Penelitian ini menemukan bahwa hampir 50 persen partisipan dengan masalah jerawat mengonsumsi produk susu setiap hari.

Tim peneliti juga menemukan hubungan yang signifikan untuk konsumsi minuman mengandung gula. Misalnya, soda atau jus, dan konsumsi makanan, seperti pastry dan cokelat setiap hari.

Gula dan susu dicap sebagai makanan penyebab jerawat lantaran bisa meningkatkan produksi minyak di kulit.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News