Benarkah Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak?

Benarkah Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak?
Ilustrasi main ponsel hingga larut malam. (Foto: pixabay/jpnn)

jpnn.com - Semakin tinggi jumlah pengguna ponsel di dunia membuat para peneliti kedokteran tertarik untuk mengetahui adakah dampak negatif penggunaan ponsel terhadap kesehatan.

Hal ini mengingat ponsel mampu memancarkan dan menerima gelombang frekuensi radio. Berbagai studi pun dilakukan, salah satunya untuk melihat efek penggunaan ponsel terhadap risiko kanker otak.

Nah, bagaimana hasil penelitiannya sejauh ini?

Ponsel dan hubungannya dengan kanker otak

Telah banyak peneliti yang melakukan studi mengenai dampak menggunakan ponsel terhadap kanker otak. Hasil antara satu penelitian dengan penelitian lainnya pun berbeda-beda.

Untuk itu, beberapa peneliti di Italia melakukan telaah sistematis dengan menggabungkan hasil dari berbagai penelitian di seluruh dunia.

Repacholi dalam sebuah literatur medis pada 2012 menyebutkan, hasil antara satu penelitian dengan penelitian lain yang ditelaah olehnya masih memberikan hasil yang sangat bervariasi. Setelah menggabungkan semua penelitian mengenai dampak penggunaan ponsel terhadap kanker otak pada orang dewasa, tidak ditemukan bukti yang kuat bahwa penggunaan ponsel dalam jangka panjang (lebih dari 10 tahun) menyebabkan kanker otak.

Hal ini juga sejalan dengan literatur medis yang dibuat oleh Lagorio pada 2014. Literatur ini menelaah 47 penelitian mengenai dampak penggunaan ponsel terhadap kanker otak.

Ponsel mampu memancarkan dan menerima gelombang frekuensi radio. Berbagai studi pun dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News