Benarkah Sering Memencet Jerawat Bikin Keloid?

Benarkah Sering Memencet Jerawat Bikin Keloid?
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Memencet jerawat mungkin menjadi suatu kebiasaan bagi Anda yang merasa gemas. Meski rasanya hal ini umum dilakukan, memencet jerawat bisa berdampak infeksi pada kulit wajah. Namun, mungkinkah memencet jerawat bikin keloid pada kulit?

Keloid merupakan jaringan parut yang terbentuk secara berlebihan dan menghasilkan lesi yang halus dan keras. Keloid bisa berukuran lebih besar daripada luka awalnya. Bentukan ini paling sering terjadi pada kulit di bagian dada, punggung, daun telinga, atau pipi. Walaupun tidak memiliki bahaya yang signifikan bagi kesehatan, timbulnya keloid tentu bisa mengganggu kenyamanan Anda.

Pencet jerawat dan timbulnya keloid
Berdasarkan penuturan dr. Valda Garcia dari KlikDokter, memencet jerawat tidak akan menyebabkan keloid pada kulit wajah. 

“Keloid itu kan biasanya muncul karena adanya luka dalam pada kulit, misalnya Anda baru saja mengalami kecelakaan yang mengharuskan kulit dijahit, lalu tindik pada telinga, tato, bekas vaksin, dan bekas cacar. Kalau hanya memencet jerawat, tidak lantas jadi keloid,” kata dr. Valda.

Pada dasarnya, jerawat bukanlah penyakit yang berbahaya. Meski begitu, jika tidak diobati dengan benar, jerawat bisa menimbulkan bekas luka yang disebut dengan acne scar. Biasanya, bekas luka ini akan muncul seperti flek hitam maupun bekas jerawat pada kulit. 

“Jika Anda asal dalam memencet jerawat, terutama dengan menggunakan tangan yang tidak dicuci terlebih dahulu, jerawat bisa menjadi infeksi dengan gejala yang parah, seperti memerah, meradang, dan bengkak,” ujar dr. Valda.

Dengan demikian, informasi yang mengatakan bahwa memencet jerawat bikin keloidtidaklah benar. Meski begitu, bukan berarti Anda boleh sembarangan memencet jerawat.

Selain itu, disarankan dr. Valda, Anda dapat menghindari jerawat dengan rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas, hindari sering menyentuh wajah dengan tangan, serta menggunakan masker saat bepergian untuk mencegah kotoran menempel di wajah.(HNS/RVS/klikdokter)


Walaupun tidak memiliki bahaya yang signifikan bagi kesehatan, timbulnya keloid tentu bisa mengganggu kenyamanan Anda.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News