Benarkah Teh Ampuh untuk Melawan Demensia?

Benarkah Teh Ampuh untuk Melawan Demensia?
Teh hijau. Foto: Health

jpnn.com - Kabar baik bagi Anda penggemar teh. Minum teh telah dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan demensia dan alzheimer.

Hal ini merupakan temuan penelitian baru dari National University of Singapore.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, peneliti mengamati tingkat konsumsi teh dari sekitar 950 relawan Tiongkok berusia 55 tahun dan lebih antara tahun 2003 dan 2005.

Para peneliti kemudian menilai jumlah relawan yang mengembangkan gangguan neurokognitif seperti demensia antara tahun 2006 dan 2010.

Setelah membandingkan dua set data, para peneliti menemukan bahwa relawan yang minum teh secara teratur memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk mengembangkan demensia.

Terlebih lagi, pembawa gen e4 APOE (alias mereka yang memiliki risiko genetik lebih besar terkena alzheimer), memiliki penurunan risiko terkena alzheimer sebesar 86 persen.

Bagian terbaik? Tidak peduli jenis teh apa yang Anda gunakan, risiko Anda terserang kedua penyakit ini tetap akan berkurang, apakah itu Anda menggunakan teh hijau, teh hitam dan teh oolong.

Para peneliti berspekulasi bahwa senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam teh mungkin membantu melindungi otak dari kerusakan.

Kabar baik bagi Anda penggemar teh. Minum teh telah dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan demensia dan alzheimer.

Sumber Yahoo Health

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News