Unika Atma Jaya Dukung ALZI Jadi Garda Terdepan Pendamping ODD

Unika Atma Jaya Dukung ALZI Jadi Garda Terdepan Pendamping ODD
Pendiri Alzheimer Indonesia, DY Suharya menjadi narasumber saat peringatan 10 tahun Alzheimer Indonesia. Foto: dok Atma Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya terus mendukung pendampingan Orang Dengan Demensia (ODD) lewat sejumlah program.

Sebelumnya, Unika Atma Jaya telah bekerja sama dengan Alzheimer Indonesia (ALZI) membentuk pusat layanan terpadu Demensia Alzheimer yang diberi nama Atma Jaya – Alzheimer Indonesia (ATZI).

Bertepatan dengan peringatan 10 tahun Alzheimer Indonesia di Gedung Yustinus, Unika Atma Jaya mengadakan serangkaian acara yang fokus untuk memberikan penghargaan bagi para caregivers sebagai garda terdepan pendamping ODD.

Guru besar Unika Atma Jaya sekaligus Pembina ALZI Prof. Dr. dr. Yuda Turana, SpS (K) mengatakan bertepatan dengan peringatan dasawarsa Alzheimer Indonesia juga diterbitkan slogan baru yaitu SEROJA SEMANGGI (Sehat Jasmani dan Rohani, Semangat Tinggi).

“Slogan ini menjadi roh dan semangat untuk ALZI sebagai sebuah komunitas yang mendampingi orang dengan demensia. Berangkat dari tema baru tersebut, perayaan satu dasawarsa Alzheimer Indonesia ini dipenuhi oleh berbagai acara yang menempatkan kolaborasi generasi muda dan lanjut usia,” ujar Prof. Dr. dr. Yuda Turana dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Selasa (8/8).

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat mewakili Menteri Kesehatan dr. Maria Endang Sumiwi, MPH menyampaikan pihaknya ingin meningkatkan kerja sama dengan berbagai organisasi non-profit seperti Alzheimer Indonesia.

"Terutama dalam menyukseskan transformasi kesehatan di Indonesia yang akan menempatkan siklus hidup sebagai konteks utama," katanya.

Perayaan ini dihadiri lebih dari 1,000 caregivers, ODD, dan pendukung Alzheimer Indonesia di dalam dan luar negeri turut menghadiri acara yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti lokakarya, sarana saling berbagi, dan apresiasi bagi para caregivers yang kebanyakan adalah anggota keluarga.

Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya terus mendukung pendampingan Orang Dengan Demensia (ODD) lewat sejumlah program.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News