Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Kentut?

Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Kentut?
Ilustrasi menahan kentut. Foto: Hallosehat

jpnn.com - Selama ini kita mengetahui bahwa virus corona bisa tertular dari benda-benda, droplet (percikan ludah), dan yang terbilang baru yaitu tinja seseorang. Kini kentut dipercaya bisa menularkan coronavirus.

Kemungkinan Kentut Menularkan Virus Corona

Pertama kali hal ini diutarakan oleh dr. Normal Swan, seorang dokter yang populer di Australia. Berbicara dalam podcast "Coronacast", dr. Norman mengatakan bahwa orang harus menghindari kentut dengan jarak dekat satu sama lain untuk menghentikan penyebaran coronavirus. 

Dia menambahkan, itu adalah tanggung jawab semua orang untuk tidak buang angin dekat orang lain. Pastikan juga bahwa Anda tidak kentut dengan pantat telanjang.

Diskusi yang tidak biasa terjadi setelah pemerintah Australia mengungkapkan pada Jumat pekan lalu, bahwa pihaknya akan menguji air limbah lokal sebagai bagian dari sistem pemantauan dan peringatan dini yang sedang berlangsung dalam wabah COVID-19.

Telah ditemukan, orang yang terinfeksi virus corona dapat ‘menularkan virus melalui kotorannya. Hal ini dapat dideteksi dalam air limbah.

Air limbah masyarakat sudah diuji setiap tahun untuk memantau penggunaan narkoba. Akan tetapi, peneliti justru menemukan wabah virus corona yang tidak terdeteksi melalui pengujian air. 

Menteri Kesehatan Greg Hunt mengatakan pekan lalu, bahwa mendeteksi wabah dengan cepat tanggap lewat pengujian limbah akan menjadi bagian besar dalam langkah pemerintah ke depannya.

Ini adalah tanggung jawab semua orang untuk tidak buang angin atau kentut dekat orang lain. Pastikan juga bahwa Anda tidak kentut dengan pantat telanjang.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News