Rabu, 12 Desember 2018 – 00:00 WIB

Benarkan Makan Nanas Picu Keputihan?

Kamis, 08 Maret 2018 – 04:11 WIB
Benarkan Makan Nanas Picu Keputihan? - JPNN.COM

Nanas. Foto: Freenology

jpnn.com - Sebagai salah satu buah tropis, nanas banyak ditemui di Indonesia. Sayangnya, banyak wanita justru memilih menjauhi buah ini.

Alasannya karena nanas dianggap bikin lendir daerah kewanitaan semakin banyak, bahkan hingga keputihan. Apakah hal itu mitos atau benar adanya?

Buah nanas mengandung enzim yang disebut bromelin. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, bromelin memang bisa merangsang kontraksi rahim. Mungkin inilah yang melahirkan anggapan bahwa nanas dapat memicu produksi lendir vagina semakin banyak akibat kontraksi rahim.

Namun, kenyataannyan nanas dan keputihan tidak berhubungan. Konsumsi nanas bukanlah penyebab langsung dari keputihan.

Tidak hanya itu, bromelin pun kerap menjadi alasan mengapa ibu hamil, terutama pada trimester pertama, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah nanas. Hal ini dikarenakan kontraksi rahim yang disebabkan oleh bromelin dapat memicu terjadinya keguguran.

Padahal, untuk dapat menyebabkan kontraksi rahim yang kuat seseorang harus mengosumsi tujuh buah nanas berukuran besar sekaligus. Bila nanas hanya dikonsumsi satu atau dua potong, atau dicampur dengan buah lain dalam salad, tentu tidak akan menimbulkan efek tersebut.

Faktanya, nanas menyimpan banyak manfaat. Bromelin dalam nanas memiliki efek positif terhadap tubuh. Mulai dari melancarkan pencernaan, mengurangi bengkak akibat peradangan, dan dapat mengurangi nyeri. Selain itu, nanas juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, mulai dari vitamin C, fosfor, dan magnesium.

Nah, sekarang paham bukan, konsumsi nanas tidak akan membuat Anda mengalami keputihan. Mengingat kandungan pada nanas dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, maka jangan ragu untuk mengonsumsinya. Tak hanya nanas, konsumsi juga makanan lain yang bergizi, dan imbangi dengan olahraga yang cukup agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.(RN/RVS/klikdokter)

SHARES
TAGS   buah nanas nanas
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar