Bencana Banjir dan Longsor di Probolinggo, Satu Orang Meninggal

Bencana Banjir dan Longsor di Probolinggo, Satu Orang Meninggal
Dampak banjir dan longsor di Desa Gunggungan Kidul, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Selasa (18/1/2022). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Probolinggo)

jpnn.com, PROBOLINGGO - Bencana banjir dan longsor yang terjadi di Desa Gunggungan Kidul, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada Senin (17/1) malam, menyebabkan satu orang meninggal.

Warga yang tewas atas nama Sunijar (60). Awalnya ada dua korban yang dilaporkan hilang saat kejadian bencana banjir dan longsor, namun, satu korban sudah ditemukan dalam kondisi selamat dan satu orang ditemukan meninggal dunia.

"Pagi ini korban bencana bernama Sunijar ditemukan di Dusun Gunungmalang sudah dalam kondisi meninggal dunia," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga, Selasa.

Hujan deras yang mengguyur Probolinggo selama beberapa jam menyebabkan debit air sungai cukup deras hingga menyebabkan dua jembatan antardusun terputus karena badan jembatan tidak kuat menahan terjangan derasnya arus sungai.

"Dua jembatan terputus dan satu warung rusak berat akibat banjir di Dusun Pancor dan Dawuhan di Desa Gunggungan Kidul, sehingga akses untuk kedua dusun tersebut tidak bisa," katanya.

Selain itu, areal persawahan dikabarkan rusak diterjang banjir dan tiang listrik PLN juga roboh akibat bencana yang terjadi di desa setempat, namun pendataan masih terus dilakukan.

"BPBD Probolinggo masih melakukan pendataan lanjutan terhadap warga yang terdampak banjir dan longsor di Desa Gunggungan Kidul karena sementara data yang diterima awal masih belum lengkap," katanya.

Sementara itu, tidak hanya banjir dan tanah longsor, angin puting beliung juga melanda Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo yang menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Tak hanya menyebabkan banjir dan longsor, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Probolinggo membuat jembatan terputus, sawah rusak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News