Bengkalis Daerah Paling Luas Terdampak Karhutla

Bengkalis Daerah Paling Luas Terdampak Karhutla
Pemadaman dini karhutla. Foto: KLHK

jpnn.com, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di provinsi Riau hingga saat ini masih terus meluas. Sejak Januari 2019 hingga saat ini, total luas lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai 3.675,34 ha.

Dari total tersebut, kabupaten Bengkalis menjadi daerah yang paling besar terdampak Karhutla yakni mencapai 1.453,08 ha.

Kepala BPBD Riau Edward Sanger mengatakan, sejak awal tahun hingga saat ini, Karhutla sudah terjadi di semua kabupaten/kota di Riau. Daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjadi Karhutla seperti Kabupaten Kuantan Singingi saat ini juga sudah mulai terdampak.

BACA JUGA: Cak Imin: Ingat, PKB Itu Bisa Menyengat Seperti Lebah

"Menurut prakiraan cuaca pihak BMKG, saat ini provinsi Riau sudah memasuki musim kemarau. Untuk itu, kita juga sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa 1500 personel untuk pencegahan dan penanganan Karhutla di Riau," kata Edward seperti dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Lebih lanjut Edward mengatakan, daerah lain yang terdampak Karhutla cukup luas yakni Kabupaten Rokan Hilir mencapai 761,75 ha, Siak 440,85 ha, Dumai 274,75 ha, Meranti 232,7 ha, Indragiri Hilir 171,35 ha, Pelalawan 109 ha, Indragiri Hulu 76 ha, Kampar 75,9 ha, Pekanbaru 72,96 ha, Kuansing lima ha, Rokan Hulu dua ha.

"Lokasi Karhutla di Riau bertambah di Jalan Damai Ujung Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru seluas 0.5 Ha. Bertambah di SM. GSK KM 75, Desa Tasik Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis seluas 2 Ha. Bertambah di Desa Sekodi, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis meluas 2 Ha dari 1 Ha," sebutnya.

Kemdian di Desa Gondai, Kecamatan Langgam, Pelalawan bertambah seluas 2 Ha, Afdeling 02 PT. SAGM, Desa Pangkalan tujuh, Kecamatan Tempuling, Inhil seluas 2 Ha. Di Teluk Bano II, Pekaitan, Rohil meluas 10 Ha dan di Rantau Bais II, Tanah Putih, Rohil bertambah seluas 0.5 Ha.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau hingga saat ini masih terus meluas. Sejak Januari 2019 hingga saat ini, total luas lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai 3.675,34 ha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News