Benny Wanda Pertanyakan Dukungan Indonesia ke Palestina, Steve Mara Beri Jawaban Menohok

Benny Wanda Pertanyakan Dukungan Indonesia ke Palestina, Steve Mara Beri Jawaban Menohok
Salah satu tokoh muda Papua, Steve Mara memberikan jawaban menohok soal pertanyaan Benny Wanda terkait dukungan Indonesia ke Palestina. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Melanesian Youth Diplomacy Forum (MYDIF) Steve Mara mengatakan bahwa dukungan Indonesia terhadap Palestina, berbeda dengann dukungan yang diminta oleh Benny Wanda, pemimpin Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Menurut Steve Mara, dukungan Indonesia kepada Palestina, tidak bertujuan politis, tetapi didasarkan kepada norma dan hukum internasional.

Selain itu, status dan wilayah Negara Palestina telah diakui oleh PBB melalui berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB (General Assembly).

Hal lain yang perlu dipahami adalah Papua sudah melakukan self-determination yang diawasi langsung oleh PBB, sedangkan Palestina belum pernah melakukan self-determination.

“Jadi perbedaannya sangat mendasar dan bentuk dukungannya juga berbeda,” kata Steve, dalam keterangannya, Senin (6/3).

Pemerintah Fiji melalui Manoa Kamikamica mewakili PM Fiji Sitiveni Rabuka mengaku respek terhadap kedaulatan Indonesia.

Terkait isu West Papua, pemerintah Fiji tdak berhak untuk membicarakan kedaulatan negara lain. Hal itu disampaikan Rabuka dalam jumpa pers beberapa waktu lalu.

Steve menegaskan bahwa perjuangan Indonesia saat ini adalah membangun Papua dengan program kerja yang nyata, dan memberikan dukungan kepada pemerintah daerah.

Steve Mara memberikan jawaban menohok soal pertanyaan Benny Wanda terkait dukungan Indonesia ke Palestina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News