Bentang Elevated Rail Simpang 7 ini Terpanjang di Indonesia

Bentang Elevated Rail Simpang 7 ini Terpanjang di Indonesia
Kawasan Simpang 7 Joglo yang akan dibangun elevated rail. Foto: Romensy Augustino/JPNN

jpnn.com, SURAKARTA - Proyek Nasional Pembangunan Elevated Rail Jalur Ganda Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro) menambah jumlah ikon di Kota Surakarta.

Bentang elevated rail di Simpang 7 Joglo Kadipiro Banjarsari Surakarta memiliki panjang kurang lebih 130 meter. Bentang tersebut menjadi yang terpanjang di Indonesia. 

"Bentangnya 130 meter, mungkin menjadi ikon karena bentang rel kereta api terpanjang itu ada di sini," jelas Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Putu Sumarjaya, Selasa, (16/11).

Desain tinggi elevated rail, sambung Putu, akan disesuaikan dengan teknis clearence. Desainnya akan diselesaikan pekan ini.

"Nanti konstruksi bangunan menggunakan baja, selain itu juga ikonik. Jadi memang kebutuhannya cukup lama waktunya," ungkap Putu.

Saat ini, pihak Balai Perkeretapian telah menertibkan lahan milik PT. KAI seluas 15.000 meter persegi untuk kelancaran proses pembangunan.

"Tahun depan masih akan melakukan pembebasan kurang lebih 9.000 m persegi," sambung dia.

Selain itu, kata Putu, pihaknya sedang mengkaji terkait rekayasa lalu lintas (amdalalin) untuk mengurai kemacetan yang terjadi. 

Bentang elevated rail di Simpang 7 Joglo Kadipiro Banjarsari Surakarta kurang lebih memiliki panjang 130 meter. Bentang tersebut menjadi yang terpanjang di Indonesia. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News