Bentrok Tanpa Tembakan Tentara India vs Tiongkok, 20 Pasukan Tewas

Bentrok Tanpa Tembakan Tentara India vs Tiongkok, 20 Pasukan Tewas
Garis aktual perbatasan yang disengketakan antara China dan India dalam gambar satelit handout dari Danau Pangong milik Planet Labs yang diambil pada 27 Mei 2020. Foto: ANTARA FOTO/Planet Labs/Handout via REUTERS/wsj.

jpnn.com, NEW DELHI - Terjadi lagi bentrokan tentara India vs pasukan Tiongkok di sebuah perbatasan yang disengketakan, Senin (15/6).

Angkatan Darat India melaporkan, Selasa (16/6), 20 tentaranya tewas dalam bentrokan.

Bentrokan itu merupakan peningkatan sangat buruk pada ketegangan yang telah berlangsung selama berminggu-minggu antara kedua raksasa Asia itu di Himalaya bagian barat.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok membenarkan bahwa pada Senin (15/6) terjadi "konfrontasi fisik yang disertai kekerasan" di wilayah perbatasan itu.

Kemlu Tiongkok tidak menyebutkan soal korban. Namun Kementerian Luar Negeri India mengatakan korban berjatuhan di kedua pihak.

Seorang sumber di pemerintahan India mengatakan tentara-tentara di lokasi bertempur dengan menggunakan tongkat-tongkat baja dan batu.

Menurutnya, tidak ada tembakan yang dikeluarkan.

Tiongkok dan India telah saling melemparkan tuduhan, soal siapa yang bersalah atas bentrokan tersebut pada Senin di padang salju Ladakh, usai para pejabat militer bertemu untuk menangani situasi.

Terjadi bentrokan antara tentara India vs Tiongkok di perbatasan, menyebabkan 20 tentara tewas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News