Bentrok Timika, Satu Tewas

Babinsa dan Belasan Warga Kena Panah

Bentrok Timika, Satu Tewas
Bentrok Timika, Satu Tewas
TIMIKA - Hingga tadi malam, perang dua kelompok warga di Kelurahan Kwamki Lama, Kabupaten Mimika, Papua, sudah memakan korban satu orang tewas. Alberth Mom (32) yang lehernya terkena panah dalam bentrok awal yang terjadi di lokasi Tunikama, Kios Panjang Kwamki Lama, Senin (4/1) sore lalu, akhirnya meninggal dunia. Dia menghembuskan nafas terakhir pada Senin (4/1) malam sekitar pukul 22.00 WIT, setelah menjalani perawatan intensif di Bangsal Lukas, Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), Timika.

Adanya satu korban tewas ini dibenarkan Kapolres Mimika AKBP Moch. Sagi melalui Wakapolres Mimika Komisaris Polisi Jeremias Rontini, SIK saat dikonfirmasi Radar Timika di Kwamki Lama, Selasa (5/1).  Jeremias mengatakan, jazad Alberth Mom kemarin telah diabukan secara tradisional melalui tradisi adat pembakaran jenazah oleh warganya. Alberth Mom adalah korban dari kelompok warga Mambruk II atau yang disebut warga kelompok atas di Kwamki Lama.

Kabar kematian korban Alberth, kembali menyulut perang. Warga kelompok atas Mambruk II kemarin kembali angkat busur dan panah dan terlibat perang dengan kelompok bawah Tunikama. Perang yang terjadi Selasa (5/1) kemarin mengakibatkan sekitar 18 warga dari kedua belah pihak cidera akibat terkena panah. Bentrok awal berlangsung sekitar satu jam sejak pukul 05.00 WIT Selasa (5/1), setelah kelompok atas mengangkat busur panah dan memberi isyarat kepada kelompok Tunikama untuk dimulainya perang. Konflik tersebut tidak dapat dibendung aparat pengamanan yang telah disiagakan sejak Senin malam di kompleks Kios Panjang, Kwamki Lama.

Korban perang kemarin antara lain Simon Murib (23) warga kelompok atas menderita luka panah pada pundak kiri. Selain itu, Sarinus Uamang (23) mengalami cedera pada pergelangan kaki kanan, Yanes Kula (38) luka pada pantat, Deminus Koragina (22) luka panah pada lutut dan Anton Murib (28) luka pada bagian paha. Kelima korban tersebut langsung dilarikan ke RSMM.

TIMIKA - Hingga tadi malam, perang dua kelompok warga di Kelurahan Kwamki Lama, Kabupaten Mimika, Papua, sudah memakan korban satu orang tewas. Alberth

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News