Bentuk Tubuh dan Kaitannya dengan Risiko Penyakit

Bentuk Tubuh dan Kaitannya dengan Risiko Penyakit
Obesitas. Foto:Health

jpnn.com - Apakah bentuk tubuh Anda bisa mempengaruhi ketahanan tubuh dari penyakit? Banyak dokter berpikir seperti itu.

Bahkan, kini sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa orang-orang dengan kecenderungan genetik ke arah satu jenis tubuh tertentu memang berisiko terkena penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Jenis tubuh ini biasanya dokter sebut apple-shape, yakni ketika lingkar perut Anda lebih besar dari lingkar pinggul Anda.

Dengan kata lain, mereka yang memiliki bentuk tubuh apel cenderung membawa sebagian besar berat badan mereka ke bagian tengah tubuh mereka.

Bentuk tubuh lainnya, seperti pear (sebagian besar berat badan berada di pinggul dan paha, tapi tidak bagian tengah tubuh) dan jam pasir (berat badan berada baik di bagian atas dan di bagian pinggul serta paha dengan pinggang yang lebih kecil).

"Dari semua bentuk tubuh ini, apel adalah yang paling berbahaya," kata pakar diet, Dr. Lauren Blake, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (4/4)

Orang dengan bentuk tubuh apel membawa lebih banyak lemak visceral yang mengelilingi organ tubuh, sebagai lawan lemak subkutan yang terletak di bawah kulit.

"Kelebihan lemak visceral bisa menyebabkan asam lemak mengalir ke hati dan ke dalam otot, yang kemudian memicu perubahan dalam tubuh," jelas Blake.

Apakah bentuk tubuh Anda bisa mempengaruhi ketahanan tubuh dari penyakit? Banyak dokter berpikir seperti itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News