Berantas Pungli, Dirjen Imigrasi Sidak di Surabaya

Berantas Pungli, Dirjen Imigrasi Sidak di Surabaya
Direktur Jendral (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Frankie Sompie. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA – Direktur Jendral (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Frankie Sompie mengadakan kunjungan dadakan alias inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya di gedung Graha Pena Jawa Pos Surabaya.

Kunjungan dadakan mantan kapolwiltabes Surabaya dan kapolres Sidoarjo itu terkait maraknya pungutan liar (pungli) di beberapa instansi pelayanan publik yang akhir-akhir ini santer diperangi oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah membentuk Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungli.

“Ini (sapu bersih pungli, Red) bukan hanya perintah dari Kemenkumham, tapi juga langsung perintah dari Presiden RI terkait sapu bersih pungli di seluruh sektor,” tandas Ronny, Selasa (25/10).

Dalam sidak pagi itu, Ronnie turun langsung ke beberapa bagian yang ada di kantor penerbit paspor tersebut.

Ronnie mengatakan jika kedatangannya ini atas instruksi langsung dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk sapu bersih pungli yang ada di sektor pelayanan publik, termasuk di beberapa kantor pelayanan imigrasi di Indonesia.

“Kementrian Hukum dan HAM sudah membuat tim khusus untuk sesegera mungkin turun di sektor-sektor yang telah ditetapkan untuk melakukan sidak. Ketika sidak tersebut ditemukan adanya pungli atau beberpa hal yang menyalahi aturan, tak segan-segan akan langsung diberi peringatan dan dilakukan pemecatan,” tegasnya.

Dalam hal sapu bersih pungli atau stop pungli ini, mantan kadiv humas Polri ini meminta bantuan kepada seluruh elemen masyarakat dan awak media untuk menyampaikan laporan jika mengetahui adanya pungli di sektor pelayanan keimigrasian.

“Jika menemukan, sesegara mungkin lapor ke kantor Imigrasi atau di twitter presiden atau semua contact person yang sudah disediakan,” ujarnya.

JPNN.com SURABAYA – Direktur Jendral (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Frankie Sompie mengadakan kunjungan dadakan alias inspeksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News