JPNN.com

Beras Organik P4S Sirtanio di Ekspor ke Itali, Australia dan Amerika

Selasa, 03 September 2019 – 11:12 WIB Beras Organik P4S Sirtanio di Ekspor ke Itali, Australia dan Amerika - JPNN.com
Beras Organik P4S Sirtanio. Foto dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian terus mencari peluang meningkatkan ekspor produk pertanian nasional untuk menambah pundi-pundi pendapatan devisa negara. Peluang yang saat ini digenjot yaitu dengan menciptakan petani yang produknya siap ekspor.

“Kami siapkan petani untuk menghasilkan produknya siap ekspor, jadi kami akan dorong Balai Pelatihan yang kami miliki untuk membina petani atau pemuda-pemuda yang siap terjun ke sektor pertanian dan menghasilkan produk siap ekspor," ujar Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi setelah melantik pejabat eselon III dan IV lingkup BPPSDMP di Jakarta, Jumat (30/8) lalu.

Dedi menegaskan bahwa pihaknya memiliki keyakinan untuk bisa menciptakan petani dan pemuda-pemuda atau generasi milenial yang bisa terjun di sektor pertanian untuk menghasilkan produk dan produknya untuk diekspor.

Badan PPSDMP ini didorong untuk menciptakan petani dan pemuda milenial yang memiliki jiwa enterpreneur. BPPSDMP memiliki tiga pilar yaitu Penyuluhan, Pendidikan dan Pelatihan. Objek dari penyuluhan adalah petani, sedangkan pendidikan yaitu generasi muda dan pelatihan adalah petani dan generasi muda. Maka ke depan bagaimana BPPSDMP mencetak petani dan generasi milenial yang cerdas, smart dan kuat untuk menjadi pejuang-pejuang dalam menghasilkan pundi-pundi devisa negara.

“Balai Pelatihan yang kami miliki sudah banyak membina pemuda-pemuda dan petani yang menghasilkan produk-produk yang siap ekspor, tinggal beberapa sentuhan lagi kepada mereka insya’allah kami mampu menciptakan petani dan pemuda milenial yang produknya siap ekspor. Kami juga melakukan pendampingan dan pembinaan pada Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) yang telah sukses bahkan menghasilkan produk-produk yang bisa bersaing,“ tutur Dedi.

Dedi menyampaikan bahwa P4S yang dibina oleh Kementan melalui Balai Pelatihan ini telah banyak menghasilkan produk-produk unggulannya, bahkan ada yang sudah ekspor. Contohnya P4S Sirtanio di Banyuwangi Jawa Timur produknya sudah di ekspor ke beberapa negara seperti Italia, Australia dan Amerika.

Beras organik produksi Banyuwangi tersebut telah resmi diekspor ke Italia. Italia adalah pasar terbaru dari beras organik Banyuwangi setelah sebelumnya diekspor ke sejumlah negara. Prosesi ekspor perdana tersebut berlangsung di Padepokan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S) Sirtanio, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur pada awal tahun tepatnya pada Maret 2019.

Ketua P4S Samanhudi yang sempat dihubungi oleh redaksi menyampaikan bahwa beras yang dieskpor itu produksi P4S Sirtanio yang merupakan hasil kegiatan agribisnis anak-anak muda dan petani di Banyuwangi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...