Berbicara Sendiri Membuat Anda Cerdas

Berbicara Sendiri Membuat Anda Cerdas
Ilustrasi. Foto: from davidwolfe

jpnn.com, JAKARTA - Apabila Anda suka melihat orang atau teman Anda sedang bicara sendiri di kamar, kamar mandi, atau di meja kantornya, bukan berarti teman Anda gila atau terkena gangguan mental. Mungkin saja teman Anda lagi belajar presentasi atau sedang memotivasi diri sendiri.

Begitu pula dengan Anda. Kalau Anda tiba-tiba sedang berbicara sendiri, bukan berarti Anda gila. Kecuali kalau Anda bicara sendiri kepada pohon dengan pakaian orang gila.

Tujuan berbicara sendiri tidak hanya berkomunikasi dengan orang lain. Psikolog menyebutnya self-talk eksternal, alat yang telah muncul sebagai alat penting untuk refleksi diri dan penyelesaian tugas.

Berbicara sendiri lebih dari sekadar percakapan dengan diri Anda sendiri. Ini adalah tentang menjelaskan sesuatu kepada diri Anda sendiri. Anda berbicara sendiri melalui semua hal yang telah Anda pelajari seolah-olah Anda sedang mengajari orang lain.

Karena pengajaran adalah salah satu cara terbaik untuk memahami subjek dengan memusatkan diri pada pengajaran pada diri Anda sendiri, Anda cenderung belajar hal-hal yang lebih baik.

Pembicaraan batin membantu Anda mengatur pikiran Anda dengan lebih baik dan menyesuaikan diri dengan situasi dinamis dengan lebih fokus.

"Orang-orang yang sedang mencari sesuatu yang penting akan mampu menemukannya dengan lebih cepat dan lebih akurat," kata peneliti Daniel Swingley di University of Wisconsin dan Gary Lupyan di University of Pennsylvania, seperti dilansir laman India Times, Senin (6/11).

Mendengar kata-kata yang sudah dikenal ternyata membantu otak untuk memproses informasi lebih cepat. Dialog mental dan vokal sangat penting untuk memperbaiki pembelajaran, pemahaman dan kinerja Anda dalam kehidupan

Kalau Anda tiba-tiba berbicara sendiri, bukan berarti Anda gila. Kecuali Anda bicara kepada pohon dengan pakaian orang gila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News