Berdikari Berhasil Ekspor 160 Ton Kakao per Minggu

Berdikari Berhasil Ekspor 160 Ton Kakao per Minggu
Berdikari Berhasil Ekspor 160 Ton Kakao per Minggu

jpnn.com - JAKARTA - PT Berdikari (Persero) mencapai target ekspor kakao. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengirim kakao setengah jadi 160 ton per minggunya.

Direktur Keuangan PT Berdikari, Siti Marwa mengatakan dengan tercapainya target ini, industri kakao dalam negeri mulai bergairah lagi setelah sempat mati suri akibat pemberlakukan bea keluar ekspor biji kakao yang memberatkan pengusaha tahun 2011 lalu. Biji kakao yang diekspor ini merupakan trading dari Makassar, Kolaka dan Padang.

"Pada saat pemerintahan  memberlakukan pengenaan bea keluar atas ekspor biji kakao yang diberlakukan 1 April 2010 lalu, menyebabkan harga biji kakao sudah sangat tidak kompetitif lagi, sehingga inilah yang mendorong kami pada oktober 2012 untuk merambah produksi kakao setengah jadi," kata Marwa dalam keterangan persnya, Selasa (20/8).

Bergairahnya industri kakao karena peminat produksi kakao setengah jadi yang diproduksi meningkat. Apalagi kata Marwa  PT Berdikari juga berhasil meluaskan kerjasama dengan perusahaan –perusahaan swasta di Indonesia.

Sebagai perusahaan pelat merah yang baru menangani komoditi kakao, produksi kakao setengah jadi milik PT Berdikasir diolah menjadi  Liquor, Cocoa Butter dan cocoa Powder. Produksi kakao sebanyak 160 ton atau 8 container tiap minggunya telah di ekpor ke berbagai negara.

“Pasar international yang meminati kakao setengah jadi hasil produksi PT. Berdikari antara lain Singapura, Malaysia, London, Belanda, Spanyol dan negara – negara Eropa lainnya,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Kakao Indonesia (AIKI) Sindra Wijaya sempat menyebutkan jika kapasitas industri pengolahan kakao dan produksi yang cenderung stagnan akibat harga kakao yang menurun. Kondisi ini terjadi karena minat petani menurun menanam kakao sehingga menyebabkan Indonesia akan menjadi negara importir kakao pada 2015.

Namun, Marwa optimis Indonesia tidak akan menjadi importir karena dengan membaiknya industri kakao dalam negeri akan membut harganya semakian bersaing. Kata dia, petani juga akan mulai bersemangat menanam kakao dan Berdikari siap untuk melakukan pengolahan kakao yang berstandar internasional.

JAKARTA - PT Berdikari (Persero) mencapai target ekspor kakao. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengirim kakao setengah jadi 160 ton per minggunya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News