Bereaksi Keras soal Palestina, Rieke: Kemerdekan ialah Hak Segala Bangsa

Bereaksi Keras soal Palestina, Rieke: Kemerdekan ialah Hak Segala Bangsa
Politikus PDIP, Rieke Diah Pitaloka menampik perang Israel dan Hamas yang terjadi saat ini berkaitan dengan isu teroris. Foto: Dok Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rieke Diah Pitaloka menampik perang Israel dan Hamas yang terjadi saat ini berkaitan dengan isu terorisme.

Menurut Rieke, perang itu adalah bagian perjuangan dari rakyat Palestina untuk mewujudkan kemerdekaan yang selama ini dinginkan. Hal ini juga sejalan dengan bunyi pembukaan UUD 1945.

"Kemerdekan ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," ujar Rieke dalam keterangannya, Kamis (2/11).

Rieke juga menegaskan, tidak sependapat dengan pihak-pihak yang meyebut tragedi kemanusiaan di Gaza, Palestina berpotensi membangunkan sel-sel terorisme.

"Mohon dengan segala hormat hentikan menilai tragedi kemanusiaan Gaza berpotensi membangunkan sel terorisme," tegas dia.

Legislator dari PDIP ini menegaskan, kemerdekaan bagi rakyat Palestina merupakan amanat dari konstitusi dan para pendiri bangsa Indonesia.

Karena itu, perang tersebut tidak perlu dikaitkan dengan isu yang lain.

"Sekali lagi mohon dengan segala kerendahan hati pada siapa pun jangan menggunakan tragedi kemanusiaan di Gaza sebagai pengalihan isu. Utamanya, soal polemik konstitusi di Mahkamah Konstitusi (MK) akhir-akhir ini," ucapnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rieke Diah Pitaloka menampik perang Israel dan Hamas yang terjadi saat ini berkaitan dengan isu teroris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News