Beredar Video Kapal Tenggelam di Selat Bali, Ternyata ini Faktanya

Beredar Video Kapal Tenggelam di Selat Bali, Ternyata ini Faktanya
Tangkapan layar video kapal tenggelam yang beredar luas di masyarakat pada hari ini. Foto: ngopibareng

jpnn.com, BANYUWANGI - Warganet dihebohkan dengan beredarnya video musibah kecelakaan kapal tenggelam di Selat Bali pada Jumat, 5 Februari 2021.

Video yang beredar luas ini dipastikan bukan video yang terjadi saat ini. Peristiwa dalam video tersebut merupakan musibah tenggelamnya kapal Rafelia 2 yang terjadi beberapa tahun lalu.

Beredarnya video ini membuat sejumlah orang panik. Tidak sedikit masyarakat yang menduga itu merupakan peristiwa yang terjadi Jumat lalu. Banyak yang mencoba menggali informasi terkait kebenaran video ini.

“Saya ditanya teman yang ada di luar kota. Ada video kapal tenggelam katanya kejadian di Selat Bali. Saya coba tanya-tanya kebenarannya,” ujar Rimang, 45 tahun, warga Banyuwangi.

Dalam video berdurasi 5 menit 9 detik tersebut digambarkan, seseorang yang merekam peristiwa sebuah kapal yang tampak miring. Terdengar suara histeris yang diduga dari orang yang merekam video tersebut saat kapal terlihat oleng hingga miring. 

Video tersebut juga menggambarkan detik-detik kapal mulai tenggelam dengan posisi miring. Tampak juga sejumlah penumpang meloncat dari atas kapal beberapa saat sebelum kapal tersebut benar-benar tenggelam di lautan.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifuddin melalui Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi, AKP Ali Masduki menyatakan, video tersebut dipastikan bukan kejadian hari ini, melainkan kejadian tenggelamnya kapal Rafelia 2 yang terjadi beberapa tahun lalu.

“Itu kejadian 2016,” ujar Ali Masduki dari ujung telepon.

Masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya dibuat panik dengan beredarnya video kapal tenggelam di Selat Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News