Bergabung dalam ISF 2023, MIND ID Pamerkan Praktik Ekonomi Sirkular

Bergabung dalam ISF 2023, MIND ID Pamerkan Praktik Ekonomi Sirkular
Mining Industry Indonesia (MIND ID) dalam program penanaman mangrove untuk dekarbonisasi pertambangan. Foto: Dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID memamerkan berbagai praktik ekonomi sirkular yang telah dilakukan oleh anak perusahaannya.

Pameran itu dilakukan dalam ajang Indonesia Sustainability Forum (ISF) yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin).

Acara bertajuk “Pursuing Sustainable and Inclusive Growth” tersebut berlangsung di Hotel Park Hyatt, Jakarta, 7-8 September 2023.

Sekretaris Perusahan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID Heri Yusuf mengatakan praktik sirkular ekonomi menjadi salah satu keberhasilan grup MIND ID dalam menjalankan model bisnis berkelanjutan.

“Melalui penerapan sirkular ekonomi yang dijalankan oleh anggota Grup MIND ID, kami terus mendorong resource efficiency (efisiensi sumber daya). Ekonomi sirkular tidak hanya dimaknai sebagai daur ulang sampah, lebih dari itu MIND ID menerapkan konsep ekonomi sirkular di segala lini perusahaan,” kata Heri Yusuf.

Ekonomi sirkular yang diterapkan Grup MIND ID tercermin dari beberapa inisiatif dilakukan anggota grup dalam menjalankan aktivitas industri pertambangan berkelanjutan.

Di antaranya, ekonomi sirkular dihasilkan dari proses penambangan dengan mengedepankan recycle, reduce, and reuse (3R).

Grup MIND ID meminimalisir sisa hasil tambang, menggunakan kembali, dan pada akhirnya menghilangkan limbah dihasilkan dari proses pertambangan.

MIND ID memamerkan berbagai praktik ekonomi sirkular yang telah dilakukan oleh anak perusahaannya Indonesia Sustainability Forum (ISF)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News